Chrome Pointer
Home » , , , » 10 Istilah Penting Dalam Belajar SEO

10 Istilah Penting Dalam Belajar SEO

Apakah anda peduli terhadap SEO ? Sudahkah mengetahui istilah dalam SEO? Untuk yang baru belajar seperti saya, silahkan baca artikel ini ada 10 istilah dalam SEO. Pelajari dan tingkatkan pengetahuan anda tentang SEO dengan 10 istilah penting berikut ini.

Anchor textAnchor text adalah istilah di SEO untuk teks hyperlink, artinya suatu teks yang terhubung dengan link. Anchor text termasuk istilah yang sering didengar di SEO karena anchor text digunakan sebagai keyword, dan ini bisa meningkatkan ranking. Meskipun diperbolehkan untuk mengoptimasi anchor text secara internal (selama kontennya masih berhubungan dan tidak berlebihan), tetapi sangat tidak disarankan untuk mengoptimasi anchor text di artikel ataupun press release yang ditujukan untuk khalayak ramai karena ini bisa berpotensi menjadi skema link. Cara terbaik untuk memanfaatkan hal ini adalah dengan tetap menjaga anchor text sealami mungkin di dalam artikel ataupun press release.

Title tag – Sebuah title tag (judul) atau halaman judul dengan bentuk tag di html seperti ini: <titile>. Title tag menunjukkan judul suatu halaman dan juga bisa dilihat di tab pada browser anda atau bahasa sederhananya adalah headline di hasil pencarian. Title tag bisa membantu search engine (mesin pencari) dan pengguna internet untuk mencari tahu penjelasan tentang suatu halaman. Cara terbaik untuk menciptkan title tag yang bagus adalah dengan menciptakan title tag yang unik dan judul yang berhubungan dengan setiap halaman di website anda.

titletag

Meta descriptionMeta description termasuk bagian dari html, tetapi tujuannya adalah untuk menggambarkan/menjelaskan suatu halaman. Meta description tidak berefek pada ranking di search engine, tetapi ini bisa membantu anda untuk meningkatkan tingkat klik ke website anda karena meta description bisa muncul di hasil pencarian. Sama seperti title tag, anda harus membuat meta description yang unik, berhubungan dengan penjelasan di halaman anda dan pastikan anda memasukkan semua call to action (tombol klik) di dalamnya.

metadescription


301 redirect – Ketika anda menghapus halaman atau mengubah URL, mereka tidak hanya menghilang dari dunia digital. Jadi ketika user mencari suatu URL yang sudah tidak ada lagi, mereka akan menerima hasil 404 error, atau halaman “Not Found”. Untuk menghindari kebingungan dan untuk memberikan ranking dari halaman yang hilang tersebut, cara terbaiknya adalah dengan menggunakan 301 redirect. 301 redirect akan kembali mengarahkan user dan search engine dari URL yang lama ke halaman yang aktif saat ini.

SERP – SERP adalah singkatan dari Search Engine Results Page. SERP adalah sesuatu yang anda dapat ketika mengetik suatu pertanyaan atau kata-kata di search engine. Pada dasarnya, ini adalah halaman hasil ketika anda mencari di search engine. SERP adalah istilah di SEO yang akan sering anda dengar ke depannya.

metadescription serp

KeywordKeyword (kata kunci) adalah istilah yang banyak digunakan di SEO. Sebuah keyword atau frase keyword adalah sebuah kata atau sekelompok kata yang mecontohkan suatu brand, baik itu layanannya maupun produknya. Keyword itu penting karena mereka bisa membantu user dan search engine untuk mencari tahu suatu penjelasan/gambaran di halaman website dengan lebih baik. Dengan menggunakan keyword yang berhubungan di title tag, headline dan seluruh isi konten anda bisa membantu search engine untuk mendapatkan gambaran dari halaman website anda. Anda harus berhati-hati dalam menggunakan keyword, jangan berlebihan karena itu bisa merusak ranking website anda.

IndexingIndexing adalah proses search engine untuk mengumpulkan dan menyimpan data di seluruh web. Search engine secara terus-menerus akan menjelajahi web untuk menambahkan halaman terbaru ke database informasinya yang sangat besar. Ketika search engine menemukan halaman baru, mereka mengindeksnya, artinya mereka menambahkan salinannya ke database mereka, agar mereka bisa mengambilnya kembali selama pencarian.

Link – Ada dua jenis link yang akan anda dengar dalam pembicaraan tentang SEO. Internal dan eksternal. Link internal adalah link yang muncul antara halaman-halaman di dalam website anda. Untuk contohnya, semua link di navigasi website anda adalah link internal. Sedangkan link eksternal adalah link yang datang atau pergi dari website anda, baik dari seseorang yang mempunyai link ke website anda atau anda mempunyai link ke website orang lain.
Struktur kedua link ini penting, namun link yang datang ke website anda lebih dianggap sebagai sinyal authority, artinya link tersebut bisa meningkatkan ranking halaman website anda. Cara terbaik untuk memanfaakan link adalah dengan menyusun dan memudahkan struktur dari link internal, agar user dan search engine bisa dengan mudah menemukan halaman anda. Singkatnya adalah anda harus membuat setiap halaman dari website anda bisa diakses oleh user hanya dengan dua kali klik dari homepage. Untuk link eksternal, alangkah lebih baik untuk menciptakan konten yang bagus agar user mau menghubungkannya dengan website mereka.

Rel=”author”Google Authorship, atau juga dikenal sebagai rel=”author” adalah sebuah tag yang digunakan untuk  menghubungkan penulis dengan profil Google+ mereka. Ini bisa membantu untuk meletakkan wajah dibalik brand anda, bisa membantu meningkatkan tingkat klik di search engine, mempromosikan opini dan bisa dianggap sebagai sinyal ranking bagi Google. Rel=”author” adalah tool hebat untuk segala macam penulis yang menciptakan konten secara online dan juga mempunyai banyak manfaat.

Canonical URLCanonical URL digunakan dalam kasus dimana ada konten yang duplikat. Anggap saja anda menjual sebuah produk yang mempunyai beberapa warna yang berbeda, dan anda memiliki halaman untuk setiap warna tersebut. Search engine tidak akan yakin yang mana yang harus diindeks karena mereka semua sama, jadi dengan menggunakan canonical link anda bisa menentukan halaman mana yang seharusnya didahulukan dalam search engine. Meskipun ini tidak bisa menjadi jaminan, tetapi ini adalah cara terbaik untuk dilakukan ketika anda memiliki banyak halaman dengan konten yang sangat mirip.

Semoga bermanfaat, terimakasih..

Ditulis Oleh : Unknown ~ Admin mastopix.blogspot.com

mastopix.blogspot.com Anda sedang membaca artikel tentang 10 Istilah Penting Dalam Belajar SEO. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima kasih...

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.