Chrome Pointer
Home » , , , » Pengertian dan Fungsi SSH

Pengertian dan Fungsi SSH

Pengertian dan Fungsi SSH

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet.
Fungsi SSH dapat digunakan untuk menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan. SSH banyak dimanfaatkan oleh berbagai network admin di berbagai belahan dunia untuk mengontrol web dan jenis jaringan lainnya seperti WAN.
Fungsi SSH ini sebenarnya adalah dibuat untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, TELNET dan protokol rsh.
Fungsi SSH
  1. Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim
  2. Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan
  3. Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
  4. Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Sejarah SSH

Sejarah SSH merupakan salah satu penemuan di tahun 1995 oleh Tatu Ylönen, seorang peneliti dari Helsinki University of Technology, Finlandia. Ia mendesain salah satu protokol SSH pertama yang sekarang disebut sebagai SSH-1 untuk menghalau serangan password-sniffing (teknik pencurian password) pada jaringan universitas itu sendiri. Sebagai peneliti ia memutuskan untuk membuat protokol ini sebagai freeware, karena pentingnya aplikasi SSH ini membuat tools ini sangat populer. Dalam waktu singkat telah digunakan oleh 20,000 user di lebih dari 50 negara di seluruh dunia. Saat ini tentu pengguna aplikasi SSH ini telah mencapai jutaan pengguna di seluruh dunia.
Fungsi SSH Bagi Orang Indonesia
Namun, bagi kebanyakan orang di Indonesia fungsi SSH digunakan untuk internetan gratis melalui jaringan telepon seluler. SSH server tersebut dikombinasikan dengan Inject/Direct dan Proxifier supaya connect internet. Kecepatan internetnya berbeda-beda tergantung pada jaringan, inject, dan server SSH.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Admin mastopix.blogspot.com

mastopix.blogspot.com Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian dan Fungsi SSH. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima kasih...

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

1 comments:

  1. TIPSTER TIPSTER - Titanium Tail Rings - Kitkat.com
    TIPSTER TIPSTER titanium white wheels - Titanium mens titanium earrings Tail Rings. TIPSTER - Titanium Tail Rings · Shop. TIPSTER TIPSTER - TITS TINYLE HIRTY DURING titanium network surf freely RAIL. $13.99. TITS apple watch aluminum vs titanium TINYLE HIRTY DURING RAIL. $17.99. TITS TINYLE HIRTY titanium pots and pans DURING RAIL.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.